Penulis / NIM
SRI NILAWATI SYAFRI / 911414116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
SRI NILAWATI SYAFRI. "Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester V pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar di Pogram Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo". Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Bapak Hi. Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan belajar mahasiswa semester V pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar (SBM) ditinjau dari faktor internal dan eksternal, juga seberapa besar pengaruh tingkat kesulitan belajar mahasiswa semester V pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar (SBM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 (tujuh) faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan belajar mahasiswa semester V pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar (SBM). Faktor tersebut telah dinyatakan signifikan secara statistik dan layak untuk dianalisis yaitu faktor internal diantaranya intelegensi dengan nilai communality sebesar 0.700, minat dengan nilai communality sebesar 0.592, bakat dengan nilai communality sebesar 0.594, kepribadian dengan nilai communality sebesar 0.683,dan faktor eksternal diantaranya: keluarga dengan nilai communality sebesar 0.610, lingkungan dengan nilai communality sebesar 0.570 dan kampus dengan nilai communality sebesar 0.676.
Hasil ini menunjukkan bahwa dari ke 7 (tujuh) faktor yang ada, faktor intelegensi mempunyai kontribusi paling besar dalam mempengaruhi tingkat kesulitan belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Kesulitan Belajar.
Download berkas