SKRIPSI

Penulis / NIM
WA ODE HELWINDA NOVIANA DEWI / 911414121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Wa Ode Helwinda Noviana Dewi, Nim 911 414 121. 2018. "Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII SMA Negeri 3 Gorontalo Utara". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Amir Arham, ME Selaku Pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan jigsaw pada mata pelajaran ekonomi materi Harga Pokok Penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian Matched Group Pre Test Post Test Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang dari 120 populasi yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan skor 81,55 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan skor 76,36. Hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung sebesar 2,94, sedangkan daftar distribusi tdaftar pada tingkat signifikan 5% diperoleh 1,998. Dari hasil perhitungan, thitung lebih besar dari t tabel, yaitu (2,94 > 1,998). Hal ini dapat disimpulkan bahwa data hasil penelitian ini benar-benar signifikan. Dengan demikian hipotesis penelitian: terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi Kelas XII SMA Negeri 3 Gorontalo Utara teruji kebenarannya. Kata kunci : Ekonomi, Metode Jigsaw, Metode Think Pair Share, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011