Penulis / NIM
ILYAS IJLAM / 911414126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Ilyas Ijlam. 911 414 126. 2020. "Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Di Smp Negeri 4 Kota Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Di bawah bimbingan Bapak Irwan Yantu S.Pd.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis uji statistik uji regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang dari 201 populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Model pembelajaran cooperative tipe stad berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX Di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Dari hasil perhitungan koefisien koerelasi diperoleh pengaruh sebesar 21,16 %, sedangkan sisanya sebesar 78,84% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima: terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa kelas IX Di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Model Cooperative Tipe STAD, Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas