Penulis / NIM
LISMA APRIYANI AHMAD / 911414127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Lisma Apriyani Ahmad, NIM 911 414 127. 2018. "Implementasi Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo". Program Studi S1 pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Heldy Vanni Alam, S.Pd.,M.Si dan Bapak Agil Bahsoan S.Ag., M.Ag. selaku pembimbing I dan Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, analisis/pengolahan, sampai pada pelaporan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo sudah berjalan dengan baik. Guru membuat perencanaan penilaian untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan sesuai dengan RPP. Pelaksanaan penilaian autentik sudah sesuai dengan skenario yang telah dirancang. Instrumen penilaian yang digunakan sesuai dengan karakteristik materi yang dibelajarkan. Guru menilai peserta didik pada ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Analisis/Pengolahan nilai sikap diambil dari penilaian paling dominan peserta didik, sedangkan untuk kompetensi keterampilan dan pengetahuan diolah berdasarkan dari dokumen yang digunakan untuk menilai, penugasan, ulangan harian, dan ulangan semester yang dirata-ratakan dan diberikan predikat. SMA Negeri 1 Kota Gorontalo menggunakan aplikasi untuk menganalisis/mengolah penilaian hasil belajar. Laporan hasil belajar peserta didik berupa lembaran printout yang dibagikan kepada peserta didik. Kendala yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik yaitu banyaknya format penilaian yang harus diisi oleh guru, dan dalam menganalisis/mengolah hasil penilaian peserta didik.
Kata Kunci: PenilaianAutentik, Kurikulum 2013
Download berkas