SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR ANISA Y. MOONGGALO / 911414131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK Nur Anisa Moonggalo, Nim 911 414 131. 2018. "Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Selaku Pembimbing I dan ibu Sri Indriyani S. Dai, SE., ME Selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Adapun manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau bahan pertimbangan bagi tenaga kependidikan untuk memanfaatkan dan mengembangkan penggunaan metode inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 orang. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan persamaan regresi linear sederhana dimana diperoleh persamaan positif. Makna persamaan tersebut mengandung perubahan dalam indikator variabel metode inquiry sehingga kenaikan rata-rata sebesar 0,71 yang pada gilirannya berdampak pada hasil belajar. Hasil analisis penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat 47 persen varians hasil belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan metode inquiry, sedangkan 53 persen ditentukan oleh faktor lain seperti motivasi belajar dan kreativitas guru. Selanjutnya, hasil pengujian hipotesis juga diperoleh hasil positif signifikan, artinya penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Metode inquiry, hasil belajar
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011