Penulis / NIM
RIKIL A. MOHAMAD / 911414137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Rikil A. Mohamad. 911 414 137. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Active Debate Dan Model Konvensional Pada Mata Pelajaran EkonomiKelas X di SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FakultasEkonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Si dan Bapak Rustam Tohopi, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Active Debate Dan Model Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango.Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan proses pembelajaran dan tes hasil belajar kepada siswa SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Tehnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Active Debate (DebatAktif) tidak sama nilainya dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelasX SMA Negeri 1 BonePantai Kabupaten Bone Bolango. Hal tersebut karena nilai pengujian lebih besar dari nilai ttabel. Jikadilihat rata-rata maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran konvensional lebih rendah nilainya dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Active Debate (DebatAktif) pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 BonePantai Kabupaten Bone Bolango. Hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata Model pembelajaran Active Debate (DebatAktif) yang lebih besar dari Model pembelajaran Konvensional (82,52 > 78,07). Hal inikarena model pembelajaran Active Debate (DebatAktif) memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Active Debate, Konvensional
Download berkas