Penulis / NIM
ISMIATI HASAN / 911414140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Ismiati Hasan, 911414140. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII-C SMP NEGERI 3 KOTA GORONTALO, Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Dra. Irina Popoi, M.Pd selaku pembimbing I dan Roy Hasiru, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dengan menggunakan model problem bassed intruction pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 kali siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan model pembelajaran problem bassed intruction dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Kota Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada siklus I Menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 28 orang siswa terdapat 67.86% yang memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 25 dari 28 siswa atau 89.29% dinyatakan tuntas belajar.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model problem bassed intruction pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII-C SMP Negeri 3 Kota Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Problem Bassed Intruction
Download berkas