Penulis / NIM
MERLINA THALIB / 911414145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
Merlina Thalib, NIM 911 414 145. "Pengembangan Variasi Mengajar Guru Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 8 Gorontalo". Skripsi.
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si, Pembimbing II Rustam Tohopi, S.pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengembangan variasi mengajar guru dalam pembelajaran IPS terpadu kelas VII di SMP Negeri 8 Gorontalo.
Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1).Pengembangan variasi suara dilakukan cukup baik setiap harinya dilihat dari volume suara guru dalam menjelaskan materi sudah dapat didengar oleh siswa secara keseluruhan. 2).Pengembangan variasi Media dan bahan ajar dalam pembelajaran dikembangkan dengan baik dengan adanya kreatifitas guru dalam membuat media ya ng menarik dalam pembelajaran. 3). Pengembangan variasi interaksi dilihat dari proses pembelajaran guru mata pelajaran IPS dalam pembelajaran sudah mengunakan beberapa metode dan model pembelajaran hal ini penting dilakukan agar siswa ikut berperan aktif pada proses pembelajaran.
Kata kunci : Variasi Mengajar Guru.
Download berkas