Penulis / NIM
SRI DEWI RAHMATIKA PANIGORO / 911414149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Sri Dewi Rahmatika Panigoro, 911414149."Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII2 Di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango". Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud S.Pd , M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horaypada siswa kelas VII2 IPS SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Hasil penelitian menunjukan pada observasi awal dari jumlah siswa 28 orang, siswa yang memiliki hasil mencapai ketuntasan 8 orang atau 28,57%, sedangkan yang belum mencapai ketuntasan adalah 20 orang atau 71,42%. Pada siklus I jumlah siswa menjadi 27 orang dikarenakan 1 orang siswa yang sudah berhenti sekolah, siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 16 orang siswa atau 59,%, sedangkan yang belum mencapai ketuntasan adalah 11 orang siswa atau 41%. Pada siklus II meningkat menjadi 23 orang siswa atau 85% yang mampu mencapai ketuntasan dan yang belum mampu mencapai ketuntasan 4 orang siswa atau 15%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII2 SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH)
Download berkas