Penulis / NIM
NINGSIH R BANTU / 911414164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
NINGSIH R BANTU. Nim: 911414164, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri I Batudaa Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Dra. Hj. Sri Endang Saleh, M.Si dan Pembimbing II : Bapak Agil Bahsoan, S.Ag.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri I Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Metode ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini diawali dengan observasi awal kemudian dilakukan pengujian hipotesis penelitian sehingga dapat mencapai kesimpulan mengenai pengaruh atau adanya saling mempengaruhi antara variabel bebas dan variabel terikat pada penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri I Batudaa Kelas XI yang berjumlah 50 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Kompetensi Pedagogik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dalam menentukan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri I Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan persamaan regresi ... = 2.892+0.579 X serta nilai R Square sebesar 0,336 artinya 33,6% variabel kompetensi pedagogik guru dapat menjelaskan hasil belajar siswa dan sisanya sebesar 66,4% dijelaskan oleh variabel atau faktor-faktor lain
Penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam menentukan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri I Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar Siswa
Download berkas