SKRIPSI

Penulis / NIM
GRASELA SULEMAN / 911414165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Grasela Suleman, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make to match Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag. M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan : Peningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran cooperative tipe Make to match di SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango. Populasi penelitian adalah siswa kelas X-A tahun pelajaran 2016/2017 SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango. Terdiri dari 25 siswa, 17 putra dan 8 putri. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ;1) Model pembelajaran koperatif tipe Make To Match adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran Ekonomi karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango. 2) Capai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal observasi hasil belajar siswa mencapai 32% atau sebanyak 8 orang siswa yang memiliki hasil belajar di bawah KKM. Setelah dilakukan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make To Match pada siklus 1 itu teryata hasil belajar meningkat menjadi 69.57 dan setelah dilakukan perubahan sama pada siklus II tentang proses pembelajaran maka ditemukan hasil belajar siswa itu lebih meningkat menjadi 91.30% pada siklus II. 3) Hipotesis penelitian yang mengatakan,"terdapat hasil belajar siswa yang meningkatkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Make To Match" dapat diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Make To Match dan Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011