Penulis / NIM
GRASELA SULEMAN / 911414165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Grasela Suleman, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make to match Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag. M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan : Peningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran cooperative tipe Make to match di SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X-A tahun pelajaran 2016/2017 SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango. Terdiri dari 25 siswa, 17 putra dan 8 putri. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ;1) Model pembelajaran koperatif tipe Make To Match adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran Ekonomi karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri I Tapa Kabupaten Bone Bolango. 2) Capai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal observasi hasil belajar siswa mencapai 32% atau sebanyak 8 orang siswa yang memiliki hasil belajar di bawah KKM. Setelah dilakukan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make To Match pada siklus 1 itu teryata hasil belajar meningkat menjadi 69.57 dan setelah dilakukan perubahan sama pada siklus II tentang proses pembelajaran maka ditemukan hasil belajar siswa itu lebih meningkat menjadi 91.30% pada siklus II. 3) Hipotesis penelitian yang mengatakan,"terdapat hasil belajar siswa yang meningkatkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Make To Match" dapat diterima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Make To Match dan Hasil Belajar
Download berkas