SKRIPSI

Penulis / NIM
ISRA WAHYUNINGSIH USMAN / 911414167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK ISRA WAHYUNINGSIH USMAN. ..."Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo.(Dibimbing oleh Ibu Dr.Heldy Vanni Alam, S.Pd. M.Si dan Bapak H. Agil Bahsoan, S.Ag. M.Ag). Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 yang dikaji dari segi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Proses Pembelajaran, 2) Kendala guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di SMPN 3 Kota Gorontalo, 3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi permasalahan dalam implementasi kurikulum 2013. Metode penelitian adalah kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru (tenaga pengajar) termasuk siswa untuk keperluan klarifikasi kebenaran informasi dari responden. Penelitian ini dilakukan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Hasil peneitian ini adalah: (1) Perencanaan proses pembelajaran sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, Dari Pelaksanaan Proses Pembelajaran di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo sesuai dengan yang disusun sebelumnya oleh guru. Kemudian untuk Penilaian Proses Pembelajaran guru sudah menggunakan instrumen penilaian sesuai dengan karakteristik peserta didik.(2) Kendala guru dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu kurang optimalnya waktu dalam menilai, banyaknya format penilaian yang harus diisi, kesulitan karena harus mengajar sekaligus menilai siswa selama proses pembelajaran, jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas menyulitkan guru untuk menilai setiap peserta didik. (3) Upaya guru dalam mengatasi permasalahan implementasi kurikulum 2013 yaitu guru telah memaksimalkan waktu dalam penilaian peserta didik, dalam penilaian guru sudah menggunakan aplikasi yang telah diatur rumusnya untuk mengolah instrumen penilaian sehingga guru tidak perlu lagi mengolah hasil belajar peserta didik secara manual, dalam memaksimalkan penyusunan materi yang berkaitan, penyampaian materi yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik agar dapat membangun karakter dan emosionalnya, serta penilaian yang sesuai. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011