Penulis / NIM
NARTI MOHA / 911414169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Narti Moha, Nim 911414169. 2018. "Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Sri Endang Saleh, M.Si Selaku Pembimbing I dan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si Selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa dari populasi 115 siswa, yang terbagi di empat kelas. yaitu kelas X IPS1 X IPS2 X IPS3 dan X IPS4. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Dengan pengambilan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji normalitas data, analisis regresi dan hipotesis penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh pengaruh antara variabel X dan variabel Y sebesar 56 persen, sedangkan sisanya sebesar 44 persen dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian semakin baik pengaruh pendekatan saintifik maka akan meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, aktivitas belajar siswa
Download berkas