Penulis / NIM
MARSELA A. ANTU / 911414171
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Marsela A. Antu, 911414171. "Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Satap Bonepantai Kabupaten Bone Bolango, Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2018. Dra.Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku pembimbing I dan Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas VIII Di SMP Negeri 2 Satap Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script memiliki dampak yang begitu besar terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I, yakni dari 23 orang siswa hanya 13 orang yang tuntas dengan presentase 56,52%. Setelah dilakukan tindak lanjut pada siklus II, maka terlihat hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 23 siswa ada 19 orang siswa yang tuntas atau dengan presentase 82,61% Oleh karena itu berdasarkan hipotesis tindakan yang telah peneliti rumuskan sebagai berikut: terdapat hasil belajar siswa yang akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Scriptââ dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script.
ABSTRACT
Marsela A. Antu. 911414171.The Implementation of Cooperative Script Learning Model to Improve Studentsâ Learning Outcomes in Social Sciences Subject (A Case Study at Grade VIII, Junior High School SMP Negeri 2 SatapBonepantai, Bone Bolango Regency.Undergraduate Thesis, Department of Economic Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Principal Supervisor:Dra.Hj. Salma Bowtha, M.Pd. Co-supervisor: Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si.
The purpose of this research is to improve studentsâ learning outcomes through the implementation of Cooperative Script learning model in Social Sciences Subject that was conducted at grade VIII of Junior High School SMP Negeri 2 Satap Bonepantai, Bone Bolango Regency. This classroom action research began with preliminary observations; thenaction was taken. This researchwas conducted in two cycles.
It can be concluded that the Cooperative Script learning model has such a large impact on improving studentsâ learning outcomes in social studies subjects. It can be seen from studentsâ learning outcomes in the first cycle by which only 13 students out of 23 have completed with a percentage of 56.52%. After follow-up in the second cycle, it is proven that their outcomes have increased that there are 19 students (82.61%)out of 23 students who have completed. Therefore the action hypothesis which has been formulated as follows: "studentsâ learning outcomes will be improved using the Cooperative Script learning model is accepted.
Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Script Learning Model.
Download berkas