Penulis / NIM
SRI ICAN J. POMU / 911414172
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
SRI ICAN J. POMU. NIM 911 414 172. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD ( Student Teams Achievent Division) Pada Mata Pelajaran IPS Tepadu Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme. Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II : Bapak Roy Hasiru, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme
Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme kelas VIII. Sampel penelian ini adalah berjumlah 17 orang siswa. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) Model pembelajaran koperatif tipe STAD adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran IPS terpadu karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme Kabupaten Gorontalo. 2) Capaian belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dimana siswa yang mendapat atau mencapai nilai 75 keatas adalah 11 orang atau 64.71% dan siswa yang memperoleh nilai 75 kebawah yaitu 6 orang atau 35,29% dengan daya serap 77.94% yang kemudian meningkat pada siklus II, dimana siswa yang mendapat atau mencapai nilai 75 keatas 16 orang atau 94.12% dan yang memperoleh nilai 75 kebawah 1 orang atau 5.88% dengan daya serap 81,29%. 3) terdapat hasil belajar siswa yang meningkatkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD" dapat diterima
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD dan Hasil Belajar
Download berkas