SKRIPSI

Penulis / NIM
OPAN DANI / 911415001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK Opan Dani. 911415001. 2019. Implementasi Full Day School (FDS) Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Akuntasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di Bawah Bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Implementasi Full Day School (FDS) di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2019/2020. (2) Faktor-faktor yang menunjang implementasi full day school di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. (3) Faktor yang menghambat implementasi full day school. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomena (fenomenologis). Subjek dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan guru-guru yang mengetahui implementasi full day school di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi full day school di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo sudah berjalan dengan baik. hal tersebut dapat dilihat dari adanya perkembangan dari tahun ke tahun yang mengalami peningkatan. Aspek lainnya dari perkembangan karakter agama, karakter nasionalisme, karakter produktivitas, dan karakter kompetensi, yang sudah berjalan sesuai dengan harapan yang menandakan telah tercapainya visi dan misi yang ingin dicapai. (2) Faktor-faktor yang mendukung dalam implementasi full day school terdiri dari kurikulum, manajemen pendidikan, dan sarana dan prasarana yang keseluruhan sudah terpenuhi dengan baik. sehingga dapat dinilai bahwa sekolah ini merupakan sekolah unggulan yang memiliki kualitas lulusan terbaik. (3) Faktor-faktor penghambat dalam implementasi full day school yaitu terdiri faktor-faktor penghambat full day school yaitu terdiri dari rendahnya partisipasi aktif peserta didik dan terbatasnya sarana dan prasarana penunjang dalam full day school. Kata Kunci : Full Day School, Faktor Penunjang, Faktor Penghambat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011