Penulis / NIM
WIRANDA WOLANGO / 911415008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
Wiranda Wolango. 911 415 008. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Bapak Boby Rantow Payu S.Si, M.E
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitaif. Dengan sampel berjumlah 62 responden. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Hal ini ditunjukkan dengan model analisis regresi adalah Y=0,429+0,545X_1+0,458X_2+. Dengan besar pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Hasil Belajar Siswa mencapai 57,4% dan sisanya 42,6% Hasil Belajar Siswa di pengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : Faktor Internal dan Eksternal, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas