Penulis / NIM
RUKMANA / 911415013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Rukmana. 911 415 013. 2020. Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bunobogu Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bunobogu Kabupaten Buol Sulawesi Tengah dengan cara membagikan kuesioner kepada responden.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bunobogu Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. Besar pengaruh dari kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mencapai 55,8% sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Kemampuan Guru Dalam Media Pembelajaran,
Hasil Belajar Siswa
Download berkas