Penulis / NIM
JERI ABD. RAHMAN / 911415025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Abstrak
Jery Abd. Rahman, Nim 911415025 2021. ."Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Concept Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS DI kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap (SATAP) PopayatoÂ. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si, dan Pembimbing II Hi. Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan materi pokok Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan melalui model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII Tahun pelajaran 2021/2022.
Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa. Data yang diambil berupa tes akhir siklus, hasil observasi, dan dokumentasi. Indikator kinerja pada penelitian ini apabila dalam kelas minimal 80% atau lebih dari jumlah siswa memperoleh nilai rata-rata 70.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Mind Mapping memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan di setiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 43% dan pada siklus II menjadi 86%.
Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP 3 Satu Atap (SATAP) Popayato Kabupaten Pohuwato pada mata pelajaran IPS Terpadu materi pokok perubahan masyarakat indonesia pada masa penjajahan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Concept Mind Mapping
Download berkas