Penulis / NIM
NOVAROLINA OKTAVIANI ADOLO / 911415031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Novarolina Oktaviani Adolo, 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten GorontaloÂ. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Z. Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Sri Indriyani S. Dai, SE, ME.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian uji regresi linier sederhana dengan jumlah populasi 103 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket (kuesioner), hasil belajar siswa, dan dokumentasi.
Hasil analisis yang telah dilakukan terhadap siswa kelas XI IPS SMAN 1 Telaga, diperoleh = 2,026 + 0,876. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan satu satuan model discovery learning akan meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun besar pengaruh pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mencapai 52,7% dan sisanya sebesar 47,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Download berkas