Penulis / NIM
ICAL H. TANGAHU / 911415041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Ical H. Tangahu, Nim 911415041 2019. "Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Ekspositori Dengan Menggunakan Media Visual Pada mata pelajaran IPS terpadu Di kelas VIII-D Di SMP Negeri Kota 3 Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII-D SMP Negeri 3 Gorontalo dengan menerapkan metode ekspositori dengan media visual.
Metode dalam penelitian tindak kelas ini menggunakan model ekspositori dengan menggunakan media visual yang terbagi atas dua siklus. Objek penelitian yaitu siswa kelas VIII-D SMP Negeri 3 gorontalo berjumlah 32 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode ekspositori dengan menggunakan media visual memiliki dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII-D. Hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I sampai siklus II dan terjadi peningkatan di setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 47% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,63%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, metode ekspositori dengan menggunakan media visual
Download berkas