Penulis / NIM
AINUN S. LASIMPALA / 911415052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Ainun S. Lasimpala Nim 911 415 052 Penerapan Model Pembelajaran AIR Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-3 Di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten BonebolangoÂ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, repetition (AIR) pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-3 di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango.
Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel penelitian berjumlah 26 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-3 di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 26 orang siswa terdapat 10 orang siswa (38,46%) yang memperoleh nilai 78 dengan rata-rata kelas73,26. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana dari 26 orang siswa yang dikenai tindakan terdapat 3 orang siswa (11,6%) yang memperoleh nilai 78 dengan rata-rata kelas 85,30. Dengan demikian, model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-3 dapat diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Hasil Belajar Siswa
Download berkas