SKRIPSI

Penulis / NIM
AINUN S. LASIMPALA / 911415052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK Ainun S. Lasimpala Nim 911 415 052 Penerapan Model Pembelajaran AIR Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-3 Di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, repetition (AIR) pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-3 di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel penelitian berjumlah 26 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-3 di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 26 orang siswa terdapat 10 orang siswa (38,46%) yang memperoleh nilai 78 dengan rata-rata kelas73,26. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana dari 26 orang siswa yang dikenai tindakan terdapat 3 orang siswa (11,6%) yang memperoleh nilai 78 dengan rata-rata kelas 85,30. Dengan demikian, model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-3 dapat diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011