Penulis / NIM
ABDUL RISKI / 911415054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SEI, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Riski, Nim 911415054 2021. Penerapan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-5 Di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd, dan Pembimbing II Ivan R. Santoso, SE, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui metode pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Tahun pelajaran 2021/2022.
Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Solving memiliki dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan di setiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%.
Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-5 SMP 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam pembelajaran IPS Terpadu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Problem Solving
Download berkas