Penulis / NIM
RATNI H. PULUHULAWA / 911415060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Ratni Puluhulawa 911415060 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Kota Gorontalo skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dra Hj. Salma Bowtha.,M.Pd dan Ibu Melizubaida Mahmud, S,Pd.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Ekonomi di SMK Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan jumlah siswa 30 orang.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak II siklus yaitu : pada siklus I, dari 30 siswa kelas X Akuntansi yang memperoleh nilai Besar dari 75 sebanyak 16 orang siswa (53,34%) sedangkan yang memperoleh nilai Kurang dari 75 sebanyak 14 orang siswa (46,66%). Pada siklus II meningkat dengan nilai Besar dari 75 sebanyak 26 orang siswa (86,66%) sedangkan yang memperoleh nilai Kurang dari 75 sebanyak 4 orang siswa (13,34%). Ini terbukti bahwa penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFE) dapat meningkatka hasil belajar siswa kelas X Akuntansi.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Student Facilitator And
Explaining
Download berkas