Penulis / NIM
ARFAN SAMAUN / 911415071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Arfan Samaun, Nim 911415071 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII-A Di SMP Negri 2 Paguyaman PantaiÂÂ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd Dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kooperatif dengan metode pada penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang terbagi atas dua siklus. Siswa yang di tetapkan sebagai objek penelitian yaitu siswa kelas VIII-A dengan jumlah siswa 20 orang.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai yakni pada sisklus I menunjukan ketuntasan hasil belajar siswa yang ditindaki sejulah 20 orang siswa ada 9 (45%) orang siswa yang memperoleh nilai diatas KKM 76 sedangkan yang tidak mencapai KKM 76 ada 11(55%) orang siswa, hasil belajar siswa meningkat pada siklus II dimana ada 17 (85%) dari 20 orang siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas mencapai (88,15%) dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu khususnya di kelas VIII-A dapat di terima.
Kata Kunci : Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas