Penulis / NIM
SAHRIL TOLINGGI / 911415117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
Sahril Tolinggi. 911 415 117. Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-11 Di SMP Negeri 1 Kota GorontaloÂ. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd,M.Si
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSterpadu kelas VII-11 di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo.Â.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan evaluasi, dan (4) analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I menunjukan kategori Baik dan siklus II menunjukan kategori Sangat BaikÂ. Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 47,05% dan siklus II mencapai 85,30%, meningkat sebesar 38.25%.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Problem Solving
Download berkas