Penulis / NIM
MISNA H. UMAR / 911415142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Misna H. Umar, 911415142. â€Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Pada Mata Pelajaran IPS terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontaloâ€. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (Model pembelajaran PBL) berpengaruh positif terhadap variabel Y (Kemampuan siswa memecahkan masalah), dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,331. Hal tersebut mejelaskan bahwa sebesar 33.1% dari variabel bebas (Model pembelajaran PBL) di kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo memiliki kontribusi untuk mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Adapun sisanya sebesar 66.9% dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan
Siswa Memecahkan Masalah
Download berkas