Penulis / NIM
LOLA WATI DAUD / 911415144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Lolawaty Daud. NIM 911 415 144. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota GorontaloÂ. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Radia Hafid,.,M.Si Sebagai Pembimbing I dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd.,M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Natoatmodjo dengan jumlah sampel penelitian ini berjumlah 32 Responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo, yang berarti semakin tinggi penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) maka akan diikuti peningkatan hasil belajar siswa, sebaliknya semakin rendah penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) akan diikuti hasil belajar siswa yang semakin rendah. Koefisien determinasi dalam penelitian ini 31.7% yang berarti variabilitas hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) sebesar 31.7%.
Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa
Download berkas