Penulis / NIM
SYATIAH S.A. TAWINGGU / 911416010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Abstrak
Syatiah s tawinggu. 911 416 010. Hasil penelitian. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi di SMK N 1 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Dra Irina, Popoi, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi Di SMK N 1 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 30 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran etika profesi kelas X Akuntansi di SMK N 1 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin baik Dan efektif disiplin belajar siswa dalam pembelajaran makan semakin tinggi pula hasil belajar siswa dengan nilai determinan 57,2 % dan sisanya 42,8% dipengaruhi1 oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti pengelolaan kelas, teman sebaya, motivasi orang tua, ketersediaan fasilitas belajar, media pembelajaran, metode pembelajaran dan model pembelajaran.
Kata kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Download berkas