Penulis / NIM
HARTIKA LOMBAN / 911416013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Hartika Lomban.(911416013), 2022. Skripsi Analisis Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-1 di SMP Negeri 1 Limboto . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan I Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Melizubaida Mahmud S.Pd.,M.Si
Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui dan mendiskripsikan: 1) Peran guru dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Limboto, 2) upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMP Negeri 1 Limboto, Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Peran guru dalam pembelajaran baik peran guru sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, pengelolah kelas, motivator, inspirator, informator, fasilitator, mediator dan evaluator sudah di lakukan dengan baik dan maksimal. 2). Upaya yang di lakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar yaitu mempersiapkan fisik dan mental siswa, memberikan motivasi, mengunakan strategi dan metode pembelajaran, melakukan tes bentuk hasil belajar dan melakukan remedial atau pengulangan kepada siswa yang memperoleh nilai belum tuntas atau masih dibawah KKM telah dilakukan secara maksimal.
Kata Kunci : Peran Guru, Hasil Belajar
Download berkas