SKRIPSI

Penulis / NIM
RIRIN BUKENI / 911416015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
Ririn Bukeni. 911416015. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan BapakDr. Muhammad Amir Arham, M.E selaku pembimbing 1 dan Ibu Dr.Radia Hafid, S.Pd, M.Si selaku pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. adapun jumlah sampel sebanyak 61siswa dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya ada observasi, kuesioner dan dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data melalui uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi serta uji t. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dimasa Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPS kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dengan nilai koefisien determinasi sebesar 52,20%. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap hasil belajar siswa sebesar 47,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil positif menunjukan bahwa semakin kreatif dan inovatif guru dalam pemanfaatan model pembelajaran Discovery Learning akan mendorong siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango memiliki hasil belajar yang baik dimasa Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPS. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,522. Nilai ini berarti bahwa sebesar 52,20% hasil belajar siswa dimasa pandemic covid 19 pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dipengaruhi oleh model pembelajaran Discovery Learning. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Discovery Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011