Penulis / NIM
MARDAN H. BATALIPU / 911416016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Mardan H. Batalipu. 911416016. 2022. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP N 5 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorotalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana. Data penelitian ini didapat dengan cara menyebarkan angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom berpergaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 5 Kota Gorontalo. Hasil koefien positif memilki makna bahwa pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom dapat mendorong kemampuan siswa untuk bias menaikan motivasi belajar siswa pada saat pandemic. Terlihat dari nilai koefisien determinasi dari model regresi yang diperoleh sebelumnya adalah sebesar 0,426. Nilai ini berarti bahwa sebesar 42,6% variasi motivasi belajar siswa di SMP N 5 Kota Gorontalo dapat diterangkan pengaruh Google Claasrrom sedangkan sisasnya 57,4% dipengaruhi variabel lain.
Kata Kunci: Google Claasroom, Motivasi Belajar
Download berkas