SKRIPSI

Penulis / NIM
SANTI N. DUNGGIO / 911416021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
SANTI N DUNGGIO NIM 911 416 021. Pengaruh Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Bapak Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX Smpn 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa sebanyak 60 orang. Sebelum dilakukan penyaji hipotesis data yang ada diuji normalitasnya. Menggunakan uji chi quadrat. Teknik analisis data menggunakan linear sederhana dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y=23,791+0,381 X. Koefisen korelasi sebesar 0,332 dan koefisen determinasi adalah sebesar 0,110. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 11,0% variabel pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX SMP N 1 Telaga Jaya dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sedangkan sebesar 89.0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun faktor lain yang tidak diteliti yakni keteladanan, kewibawaan, anak, hukuman, dan ganjaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX di Smp Negeri 1 Talaga Jaya, makna bahwa semakin baik pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) maka akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IX SMPN 1 Talaga Jaya. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011