Penulis / NIM
SRI ALVIONITA HIOLA / 911416028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Sri Alvionita Hiola. 911416028. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada MataPelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Sri Endang Saleh, M.Si dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada MataPelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo..
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, Penulis menggunakan tehnik wawancara dengan mengumpulkan informasi dari 1 orang guru Mata Pelajaran IPS Terpadu, 3 Orang Wali murid dan 3 orang siswa dari kelas yang diampunya.
Berdasarkan hasil wawancara menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran daring. Peningkatan hasil belajar tersebut karena siswa mendapatkan dukungan penuh dari orangtua, saudara, yang mendampingi siswa pada saat proses pembelajaran daring, Namun, dampak pendampingan daring seperti itu akan berdampak negatif terhadap perkembangan siswa, karena siswa akan lebih meremehkan tugas sekolahnya. Selain itu juga siswa akan lebih menggantungkan dirinya dengan bantuan oranglain sehingga menjadikan dirinya pribadi yang kurang mandiri.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Dampak Daring, Hasil Belajar IPS
Download berkas