Penulis / NIM
ZAINUDIN MOHAMAD / 911416030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
ZAINUDIN, MOHAMAD. NIM 911416030. Skripsi ."Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj Heldy Vanni Alam, S.Pd., M.Si dan Ibu Sri Indriyani S Dai, SE., ME.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar siswa di masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah responden 60 responden (orang siswa) di dua kelas. yaitu kelas XI-IPS1 dan XI-IPS2. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana selanjutnya dilakukan uji normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan = 1,268 + 0,701 artinya setiap kenaikan 1% maka rata-rata aktivitas belajar siswa akan mencapai angka sebesar 0,701 Demikian pula hasil pengujian hipotesis menunjukan t tabel t hitung artinya hipoteis diterima, Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai 0,411 atau 41,1% bahwa pendekatan saintifik berpengaruh positif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa di masa pandemic covid-19 di SMA Negeri 1 Tilango kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Aktivitas Belajar.
Download berkas