SKRIPSI

Penulis / NIM
BELA FRANSISKA MOKOAGOW / 911416039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK NAMA BELLA FRANSISKA MOKOAGOW. NIM 911416039. 2020. JUDUL Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Tehnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penggunaan metode inquiry berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (aspek kognitif) pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 52,50%. (2) Penggunaan metode inquiry berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (aspek afektif) pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 41,00%. (3) Penggunaan metode inquiry berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (aspek psikomotorik) pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 48,00%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Inquiry
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011