Penulis / NIM
BELA FRANSISKA MOKOAGOW / 911416039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
NAMA BELLA FRANSISKA MOKOAGOW. NIM 911416039. 2020. JUDUL Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Tehnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penggunaan metode inquiry berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (aspek kognitif) pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 52,50%.
(2) Penggunaan metode inquiry berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (aspek afektif) pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 41,00%. (3) Penggunaan metode inquiry berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (aspek psikomotorik) pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 48,00%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Inquiry
Download berkas