SKRIPSI

Penulis / NIM
WIRDAWATI KADENG / 911416042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
ABSTRAK Wirdawati Kadeng. 911416042. Skripsi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr.ABD Rahman Pakaya, M.Si dan Bapak Boby Rantow Payu, S.Si, ME Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, dengan jumlah sampel 68 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Koefisien regresi sebesar 0,631 menunjukkan setiap peningkatan kualitas penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sebesar 1 satuan akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,631 satuan. Nilai ini berarti bahwa sebesar 69,3% variasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas IX SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat diterangkan oleh baik buruknya penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) siswa dan jenis kelamin siswa sedangkan sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Model CTL (Contextual Teaching and Leraning), Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011