Penulis / NIM
MOH. YANIS HILIMI / 911416044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K., M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
MOH. YANIS HILIMI. 911 416 044. 2020. Pengaruh Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII 6 pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr.Zuchri Abdussamad, S.I.K.,M.Si selaku Pembimbing I dan Bapak Sudirman,S.Pd.,M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII 6 pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa Kelas VIII 6 Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Metode Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis angka karena hasil pengolahan data berupa angka, oleh karena itu penelitian ini dinamakan penelitian kuantitatif dengan melakukan analisis dalam bentuk statistic
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Teknologi Informasi Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII 6 pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Semakin optimal pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi dalam kegiatan pembelajaran maka akan terjadi peningkatan yang signifikan bagi motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII 6 SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Nilai koefisien determinasi R 2 sebesar 0,612. Nilai ini berarti bahwa sebesar 61,20 persen motivasi belajar siswa Kelas VIII 6 pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dipengaruhi oleh Teknologi Informasi Komunikasi. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap motivasi belajar siswa sebesar 38,80 persen yakni variabel model pembelajaran, lingkungan belajar, kreativitas guru dan peran orang tua.
Kata Kunci. Motivasi Belajar, Teknologi Informasi Komunikasi
Download berkas