Penulis / NIM
WIDYAWATI AR KIBAS / 911416046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Abstrak
Widyawati AR. Kibas. 911 416 046. Hasil penelitian. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas Xlll di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Dra Irina, Popoi, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui " Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas Vlll Di SMP Negeri 6 Kota GorontaloÃ�ÂÂ.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 60 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas Xlll di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin baik Dan efektif disiplin belajar siswa dalam pembelajaran maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa dengan nilai determinan 19,32 % dan sisanya 80,68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti, teman sebaya, keluarga, ketersediaan fasilitas belajar, media pembelajaran, metode pembelajaran dan model pembelajaran.
Kata kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Siswa
Download berkas