Penulis / NIM
RATNA SARI / 911416052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Ratna Sari. Nim : 911416052. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-BDP di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten GorontaloÂ. Hasil Penelitian. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2022. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Meyko Panigoro, S.Pd,M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Ibu Sri Indriyani Dai, SE,ME Sebagai Pembimbing II.
Tujuan Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X-BDP di SMK Negeri Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini di awali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Yang menjadi subjek penelitian sebanyak 21 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar pada siklus I dimana dari 21 orang siswa yang dilakukan tindakan memperoleh nilai 75 yaitu 38,09% dan pada siklus II menjadi 85,72%. Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mata pelajaran ekonomi kelas X-BDP di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Problem Based Learning.
Download berkas