Penulis / NIM
ABDUL MARWANDI GUMOHUNG / 911416053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Abd Marwandi Gumohung. 911 416 053. 2020. Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII 2 di Sekolah MTs N 1 Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. USMAN MOONTI, M.Si Dan Bapak AGIL. BAHSOAN, S.Ag, M.Ag
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII 2 di MTs N 1 Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menjelaskan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Hasil koefisien positif memiliki makna bahwa keterampilan menjelaskan guru yang semakin inovatif dan kreatif yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran maka akan mendorong kemampuan siswa untuk memenuhi kriteria ketuntasan minimal dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik. Adapun variabilitas hasil belajar siswa Mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII 2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh keterampilan menjelaskan guru sebesar 37,80, sedangkan sisanya sebesar 62,20 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti minat belajar siswa, model pembelajaran yang diterapkan, motivasi orang tua, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah..
Kata Kunci: Keterampilan Menjelaskan Guru, Hasil Belajar
Download berkas