SKRIPSI

Penulis / NIM
JENLI RAHIM / 911416054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK Jenli Rahim. 2020. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay CRH Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Rosman Ilato, M.Pd, Pembimbing II Bapak Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay CRH dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay CRH pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Variabel penelitian meliputi variabel input, proses, dan output. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunanaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay CRH dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan belajar dari jumlah 22 siswa terdapat 5 siswa atau sebesar 22,73% saat observasi awal, selanjutnya meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 59,09% hasil siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 19 siswa atau sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis tindakan yang diajukan jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay CRH, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo akan meningkat dapat diterima. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, CRH, hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011