Penulis / NIM
SUCI RAMLAH MANDALIMA / 911416059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
SUCI RAMLAH MANDALIMA, NIM: 911416059, 2021. "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI WIDYAKRAMA KABUPATEN GORONTALOÂ. Program S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dengan Bapak Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si Selaku Pembimbing I dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag
Tujuan Penelitian ini: 1) Untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Efektivitas pembelajaran online mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian. Tahap perencanaan yaitu pembuatan RPP. Tahap pelaksanaan yaitu penyampaian materi oleh guru kepada siswa secara tidak bersamaan, Tahap evaluasi yaitu memberikan tes tertulis secara online, Tahap penilaian yaitu pada akhir proses pembelajaran. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran yaitu: Teknologi, fasilitas untuk mengembangkan media pembelajaran, Media pembelajaran online, Manfaat penerapan pembelajaran online, Motivasi yang diberikan guru kepada siswa,Waktu pelaksanaan pembelajaran online, Fasilitas sarana internet yang tersedia, Kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran online dan Dukungan orang tua.
Kata Kunci: Pembelajaran Online, IPS Terpadu, Efektivitas
Download berkas