Penulis / NIM
ABDUL RAHMAN HAMUDA / 911416066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Rahman Hamuda. 911416066. 2020. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswadi SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, JurusanPendidikanEkonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan IbuDr. SRI ENDANG SALEH, M.Si dan Bapak. RUSTAM TOHOPI, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Gorontalo.Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa yang ada berada di sekolah SMA Negeri 4 Gorontalosehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Tehnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukanbahwadisiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Gorontalo. Ketika siswa semakin patuh dan taat terhadap aturan disiplin dalam belajar maka siswa Kelas X IPS Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Gorontalo akan mampu untuk meningkatkan hasil belajarnya. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,455. Nilai ini berarti bahwa sebesar 45,50% hasil belajar siswa pada kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Gorontalo dipengaruhi oleh disiplin belajar. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap hasil belajar siswa sebesar 54,50% yakni variabel faktor internal siswa yakni minat belajar, motivasi belajar dan kepribadian siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Disiplin Belajar
Download berkas