SKRIPSI

Penulis / NIM
NEFA ALFIONITA BASIRU / 911416069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK NEFA ALFIONITA BASIRU, NIM: 911416069, 2022, "PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-ISHLAH KOTA GORONTALO" �. Program S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontao dengan ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing I Dan Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Tujuan Penelitian Ini : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar di masa pandemi Covid-19 terhadap kompetensi sikap spritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan dalam kurikulum 2013 di MTS Al-Ishlah Kota Gorontalo. 2) Untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang menjadi kendala dalam penilaian hasil belajar dimasa pandemi di MTS Al-Ishlah Kota Gorontalo. 3) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar di masa pandemi Covid-19 di MTS Al-Ishlah Kota Gorontalo. Hasil penelitian Menunjukan Bahwa : (1) penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang dilakukan guru hanya berupa pengamatan pada perilaku menonjol, bukan pada frekuensi perilaku. Selain itu guru belum menggunakan lembar observasi dalam melaporkan pengamatan yang telah dilakukan; (2) pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan terlaksana sesuai dengan teknik penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013; (3) pelaksanaan penilaian kompetensi keterampilan masih belum semuanya dilakukan. Penilaian yang dilakukan oleh beberapa guru untuk keterampilan diantaranya unjuk kerja/praktek dan observasi diskusi kelompok. Sedangkan untuk portofolio serta projek hanya dilaksanakan oleh beberapa guru. Kendala guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 merujuk pada cara menilai secara teknis dan administratif. Misalnya, butuh banyak waktu yang digunakan untuk melakukan penilaian hasil belajar terhadap peserta didik secara jeli. . Kesimpulan yang dapat diambil adalah pelaksanaan penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru-guru di MTs Al-ishlah Kota Gorontalo masih belum optimal. Selain itu, perlu ada sosialisasi mendetail mengenai administratif penilaian tentang penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 agar dapat dilakukan secara optimal. Kata Kunci : Penilaian hasil Belajar, Kurikulum 2013
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011