Penulis / NIM
WIDIA MEISI MOKOAGOW / 911416071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Widia Meisi Mokoagow. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS.1 SMA Negeri 9 Gorontalo Utara skripsi. Konsentrasi Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS.1 SMA Negeri 9 Gorontalo Utara melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IIS.1 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik analisis data digunakan kuantitatif deskriptif.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS.1 SMA Negeri 9 Gorontalo Utara dibuktikan dari meningkatnya jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 pada observasi awal 3 siswa (15%) menjadi 8 siswa (40%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 17 siswa (85%) pada siklus II. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi "jika guru menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS.1 SMA Negeri 9 Gorontalo Utara akan meningkat, dapat diterima karena terbukti kebenarannya.
Kata kunci: Discovery Learning, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Download berkas