Penulis / NIM
REALITA PAUDI / 911416077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. FAHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE., M.Si / 0028105805
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Realita Paudi. 911 416 077. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS.1 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Fachrudin Zain Olilingo, S.E. M.Si Pembimbing I dan Bapak Drs. Rusli Isa selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS.1 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada 31 orang sampel siswa kelas XI IPS.1 SMA Negeri 4 Kota Gorntalo. Data dalam penelitian ini yakni data primer melaui penyebaran angket. Tehnik analisis data menggunakan regresi linear sederhana
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS.1 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Koefisien positif menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring yang efektif akan berdampak baik terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS.1 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo yang akan semakin baik pula. Nilai koefisien determinasi R=0,689 dan R² sebesar 0,475. Nilai ini berarti bahwa sebesar 47.5% hasil belajar Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS.1 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo dipengaruhi oleh pembelajaran daring.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Download berkas