Penulis / NIM
MEGA YULIANA RAHMAN / 911416078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Mega Yuliana Rahman, 2020. Penerapan Perilaku Ekonomi Berwawasan Lingkungan Dalam Konsep Adiwiyata Di SMP Negeri 2 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Dengan Pembimbing I Dr. Sri Endang Saleh, M.Si Dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai keingintahuan peneliti untuk menguak Bagaimana Penerapan Perilaku ekonomi berwawasan lingkungan di SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan perilaku ekonomi berwawasan lingkungan di SMP Negeri 2 Gorontalo serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan perilaku ekonomi berwawasan lingkungan di SMP Negeri 2 Gorotnalo
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian dipilih secara purposive yaitu Kepala sekolah, guru, siswa, dan di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo yang paham tentang penerpan perilaku ekonomi berwawasan lingkungan dalam konsep adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahapan yaitu dengan mereduksi data, Triangulasi, dan memverifikasi data atau penarikan kesimpulan data yang telah dianalisis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh menunjukan bahwa: (1) penerapan perilaku ekonomi berwawasan lingkungan di SMP Negeri 2 Gorontalo berdasarkan pada peraturan menteri Nomor 5 Tahun 2013 tentang pedoman program adiwiyata dengan prinsip 4R (reuduce, reuse, replace, recycle). (2) faktor pendukung dalam penerapan perilaku ekonomi berwawasan lingkungan di SMP Negeri 2 Gorontalo terdapatnya 4 aspek penyeleggeraan program adiwiyata yaitu aspek kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berwawasan lingkungan, kegiatan berbasis parsitipatif, dan sarana-prasarana yang ramah lingkungan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu terdapat siswa yang masih kurang peduli terhadap lingkungan, kurangnya tenaga ahli dalam membuat pupuk kompos serta guru masih sering kewalahan dalam mengaitkan materi tentang lingkungan hidup dengan materi yang hendak dibawakan karena keterbatasan waktu dan juga dalam mengejar materi yang ketinggalan
Kata Kunci: Perilaku Ekonomi, Lingkungan, Adiwiyata
Download berkas