Penulis / NIM
RAHMAD RIFAN SUNA / 911416079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
SUDIRMAN, S.Pd., M.Pd / 0020048202
Abstrak
ABSTRAK
Rahmad Rifan Suna. 911416079. 2021. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 TELAGA KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO. Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Dra. Sri Endang Saleh, M.Si Sekalu Pembimbing I Dan Sudirman S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing II
Tujuan Penelitian Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Coopereative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, kuisioner dan interview pada 61 responden serta menggunakan analisis data regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Model Cooperative Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Semakin sering menerapkan model cooperative tipe STAD maka akan mampuh meningkatkan hasil belajar siswa. Karena model cooperative tipe STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat penting dalam menentukan hasil belajar. Besar dan pengaruh dari model cooperative tipe STAD memiliki kontribusi sebesar 48,2% terhadap variabel hasil belajar siswa, sedangkan 51,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti yaitu model pembelajaran cooperative lainnya.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe STAD , Hasil Belajar
Download berkas