Penulis / NIM
STEVIANI TIRSA TURAMBI / 911416080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Steviani Tirsa Turambi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sri Endang Saleh, M.Si dan Pembimmbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together NHT. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang di laksanakan dalam 2 siklus. Sampel dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.1 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan tes hasil belajar.
Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo yang di buktikan dari meningkatnya persentase pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sebesar kurang dari 75. Pada observasi awal 11 siswa 35,48 Persen menjadi 14 siswa 45,16 persen pada siklus I, selanjutnya meningkat menjadi 27 siswa 87,09 persen pada siklus II. Dengan demikian hipotesis penelitian Jika diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima.
Kata Kunci : Numbered Head Together NHT, Hasil Belajar.
Download berkas